tips membangun hubungan baik dengan konsumen+supplier

Dulu jamam-jaman masih kuliah yang unyu2 itu, saya emang ga bisa diem anaknya. Otak saya seperti sudah terkondisikan untuk berbisnis dan menghasilkan. Karna saya hobi jajan dan belanja. Rasanya gak enak banget sih kalo gak megang uang. Bukan berarti saya ga dapet uang jajan dari ortu. Dapet sih cuman,, well,, i want more money. I need more money.

Karna itulah kemudian hal yang saya pikir paling gampang dilakukan adalah dengan membukam bisnis online. Dan saya tidak sendiri. Pada saat saya mempublish dagangan saya di facebook saya dipertemukan dengan beberapa pembeli yang puas dengan barang yang mereka beli dan akhirnya berminat menjadi reseller saya.

Pertama , kalo mau hubungan baik kita dengan reseller terjaga yaitu Niat.ya. Niat awal bukan cuman ingin berdagang dan menikmati hasil sendiri tapi juga ingin berbagi rejeki sama reseller-reseller saya itu.

Kedua. Komunkatif. Sebisa mungkin jangan berikan jawaban ketus padat jelas. Terkadang kita harus ramah dan menjelaskan produk sedetail mungkin sehingga informasi yang ditangkap konsumen benar2 memuaskan.

Ketiga. Sabar. Ini sih emang yang paling penting karna ada beberapa customer yang pada awalnya sangat2 annoying deh. Banyak nanya. Cerewet. Banyak maunya . Nanyanya suka aneh2. Nawarnya sadis kek afgan. Macem-macem deh. Saya sering banget ngadepin konsumen yang model begini. Ya dihadepin aja dengan sabar.ujung-ujungnya malah jadi pelanggan tetap loh bahkan saat kita udah ga jualan mereka tu kayak yang kehilangan gitu sama kita.

Trus nih ya sama supplier juga jangan sampai kehilngan kontak minimal nomor hape mereka kita harus simpen kan takutnya bbm bermasalah. Setidaknya kita masih nyimpen nomor mereka.

0 Comments:

Posting Komentar

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang