Asam manis beef :)



Assalammualaikum people.

Hari ini hari jumat. Mama saya pergi berangkat tugas kantor dan saya kelaparan loh (tuh kan dodol siapa yang nyruh laper? pan dikulkas ada lauk) iya tapi emang saya dasarnya males tetep aja males mau ngerjain dulu. mau pesen 14045? masalahnya duit jajan lagi cekak diakhir minggu begin. kemaren aja saya baru beli pashmina.

tapi saya bukan tipikal anak yang patah arang. Saya lalu dengan semangatnya membuka pintu kulkas yang hanya saya buka saat saya membutuhkan snack itu. Didalamnya ada benda-benda berikut ini :
1.Daging sekitar 300 gr
2.Paha ayam negri sekitar 250gr
3.Lemon
4.Madu punya papa
5.Buah apel buat program detox saya
6.Ikan (gajelas ikan apa. Kayaknya ikan sungai)
7.Milkuat punya lencit
8. Susu WRP diet punya Mende

Saya memutar otak. memang benar pada kasus ini perut yang lapar memberikan warning kepada kamu untuk bergerak. Yah ! saya Harus masak. Buat lunch. Walaupun satu rumah mungkin udah makan, tapi saya sangat tergiur untuk meramu nomor 1 dan 2 daftar diatas. Bikin Indomie? No. No. Wanita Indonesia yang cerdas gak akan menggunakan indomi sebagai pilihan terakhir dalam daftar makanan mereka. *eitciee lagaknya saya. Muncung aja mulut kalo ngomong. hehehe.

Saya lalu memutuskan . Saya akan masak Asam manis beef hari ini. Yuk simak prosesnya. Siapa tahu bisa kamu praktekan dirumah saat kamu laper.




Siapkan BUMBU nya dulu yah readers. Sederhana aja kok. Yang mau kita olah kali ini adalah Daging Sapi dan Daging ayam. Kalo digoreng dengan minyak trus kamu makan pake kecap? wah.. gak ngeh sekali kan. Bumbunya mudah kok. Harus ada :

1. Bawang merah & Bawang putih dikit aja. kan ceritanya kamu kelaperan dan mau makan buat sendiri. Liat foto diatas. Bwang putihnya ditumbuk yah. Untuk bawang merah cukup diiris saja.
2. Daging sapi dan Daging ayam yang kamu culik dari kulkas.
3. Potongan kecil Jeruk Nipis. Pada kasus saya hari ini saya menculik jeruk nipisnya si mende
4. Saori saos tiram. Favorit saya kalo masak dadakan. semua masakan atau tumisan akan terasa enak deh kalo ditambahin ini.
5. Masako, Garam dan Penyedap rasa. Tambahkan nanti. Sesuai selera.

Ini Bahan-bahan yang kamu perlukan selain bumbu tadi.





Untuk membuat bumbu tumisan nantinya akan terserap ke daging yang kita masak, ada baiknya Rebus dulu deh daging ayam dan daging sapinya sampai lembut seperti ini.



Setelah selesai direbus, potong2 dadu sesuai selera. Eits, lumuri dengan air jeruk nipis, kecap manis dan kecap asin sesuai selera kamu. Dikit aja. Supaya bumbunya lebih nyerap. Jeruk nipis berguna menghilangkan amis dan membuat masakan kamu akan terasa asem-asem seger nantinya.





Kalo semua udah siap, tumis bumbu (bawang merah dan putih), masukkan potongan daging, tambahkan saori, masakao dan jangan lupa kecap manis sesuai selera kamu. Jangan keasinan yah,. Inget dirasa dulu kuahnya sebelum kamu masukin masako atau garam. Tambahkan air putih. Dikit aja. Biar semua bumbu tersebar merata.

Tara ! udah jadi deh masakan kilat kita. Rasanya gak kalah sama tongseng yang dijual di warteg loh dan daging yang kita masak kali ini sangat renyah dan masak ampe kedalem karna kita tadi merebusnya terlebih dahulu.



Begitulah readers kisah saya dihari jumat saat mama gak ada. Saya pun terselamatkan dari bencana kelaparan. Hahahahaha.


4 Comments:

  1. Nah, ini dia nih masakan simpel yang cocok untuk mahasiswa ngekos atau yang ngontrak sekalipun. :D
    Eh, gak simpel juga sih, asal ada bahannya. :)

    BalasHapus
  2. simpel kok. paling yg agak susah nyari itu lemon sama daging seger aja :h:

    BalasHapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang