2016 ? taunnya investasi selain NABUNG. Belanja Reksadana lagi yuk.

Selepas nikah kemaren, Ken mau ngasi2 sesuatu sama saya sebagai Our Wedding Gift. Alias hadiah nikah buat Berbie karna mau dipersunting menjadi istrinya *tsaaaaah. Selain bulan madu *sederhana tapi seru ala backpacker yang saya jabanin sama Ken kemaren, dia mau ngasih hadiah lagi katanya*tapi itu ga termasuk hadiah sepatu converse merah yang dia beli couple buat kita jalan2 kalo malam minggu. *pamer luh

Ya biarpun status udah suami istri, tetep dong ya harus jalan malam minggu biar ga kalah sama anak alay kekinian hehehe.

Ngomong2 soal Wedding Gift, saya merupakan perempuan gahar yang ga bisa dikasi perhiasan ataupun bunga. Beneran. Coba deh pasangkan gelang dan kalung buat saya. Pasti ilang saya jual  kalo gak tu gelang putus, rusak, ataupun cincinnya menggelinding ntah kemana karna saya suka risih kalo mandi saya lepas.

Jadi Ken sepertinya sudah memahami hal tersebut dan kemudian bertanya kepada Berbie apa kira2 yang bisa bikin Berbie seneng after our marriage?

" Berbie mau beli reksadana lagi ? Kemaren gimana review pergerakan sahamnya?"

Bok, sohib saya ini pengertian banget ga sih.. Dia tau hal yang membuat mata saya ijo dan telinga saya berdiri adalah All About Financial planning, saham dan investasi *sekarang-sekarang ini sih
 
Daripada susah susah ngasih saya wedding gift aneh2, lebih baik ngasi saya mentahnya aja buat saya belanjain saham reksadana. Yang sekarang emang lagi bagus pasarnya. Saya baru punya 2 pos Reksadana. Kita intip yuk
* Untuk tau pengertian reksadana dan apa kelebihannya dibanding tabungan cash bisa liat disini
* Kalo mau tau cerita *horor saya waktu beli reksadana bisa liat disini

Jadi, saya yang emang bercita-cita untuk punya uang tabungan yang sambil nabung tapi uangnya nambah terus, aman, terlindung dibawah OJK dan bisa dicairkan kalo2 saya butuh uang Kok bisa is? Emang ada yang kayak gitu? ADA DONG. 

Saya jelas udah nyaman ambil Reksadana Pasar Uang besutan Bahana dana liquid. Semua tabungan dan "uang dingin" kami sementara di taro disitu. Sambil nyimpan uang dingin, sekalian tu saham muterin uangnya diasuh oleh MI yang mumpuni dan dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Gimana kabar pergerakan reksadana pasar uang besutan Bahana Dana Likuid saya sejak ditanam bulan mei 2015 kemarin, sejauh ini telah berkembang sebanyak 4,72%. Lah daripada saya taro di bank, kena biaya admin, duitnya kaga nambah hehehehe. Mendingan saya beliin reksadana Lumayan kan? dan bisa dicairkan kapanpun saya mau kalo keadaan finansial kami lagi bermasalah *amit2 sih jangan deh


  Kalo kita liat dan fokus sama gambar diatas, perhatikan saham Bahana Dana Likuid. Sudah menghasilkan 4.72% dan keuntungannya sekitar 800 ribuan (dibeli sejak mei 2015 dengan nilai NAV saat itu) oia NAV ini adalah harga per unit saham pada tanggal tersebut. Nah di januari 2016 ini, saham RDPU saya ini (Reksadana kategori Pasar Uang) udah bergerak dan menghasilkan keuntungan sebesar 4,72%.

Sebenarnya Saham Reksadana itu ada jenis dan fungsinya masing-masing sih. Mau paham? baca blognya staria ini deh. Keren isinya. Dijamin ngerti. Sebelum beli saham reksadana, tentukan tujuan lo. Mau apa? Kalo saya secara pribadi, saya pengin nyimpan "dana dingin" saya, biar ga cuman ditabung gitu loh. Biar diem disimpan, tapi tu uang tetep bergerak. Kalo buat nyimpan dana dingin, saya memang lebih nyaman ke RDPU. karna apa? bisa ditarik kapanpun trus grafiknya ga horor kayak reksadana saham.

Nah, reksadana kedua yang saya beli itu adalah kategori reksadana campuran. Biasanya baru bisa ngasi keuntungan kalo udah 2 atau 3 tahun. Nah sekarang liat gambar diatas, liat Kresna Flexima. Itu jenis reksadana campuran yang lumayan risky cuman kalo kita sabar dan ga panik liat dia minus2 terus, tetep istiqomah *tsaaah bahasa gue sholeha ya cyn top up perbulan nya, liat aja nanti 2 atau 3 tahun kedepan. Harga NAV nya naik, dan kita udah bisa nikmatin keuntungan. Kalo reksadana campuran gue yang ini si Kresna Flexima ditenggarai keuntungannya sekitar 27% or 30% gitu deh kalo udah 3 tahun lebih. Lumayan kan?

Nah pos si Kresna Flexima ini gue tabungin emang buat umroh atau buat liburan. Jadi dana liburan kita ditaro disitu. Biar next di 2018 or 2019 kita bisa liburan abis2an keluar kota gitu deh cyn hehehehe. Aamin. Saya sih optimis aja reksadana campuran kresna flexima ini bagus pergerakannya. Ya soalnya ga se-risky kalo kita beli reksadana saham yang naik turunnya ekstrem banget. Tutup mata aja lah tetep nabung dan nanti liat hasilnya.

Kalo liat Kresna Flexima minus lumayan ya ampe 5% lebih. Etapi jangan takut. Karna bulan september kemaren IHSG lagi jeblok, saham minus, justru itu kita lagi dikasi diskon. Belanja lagi aja reksadana yang minus itu. Ibarat kata sekarang harga lagi jatuh, kita beli pas murah. Nanti 2 atau 3 tahun kan pergerakan IHSG naik juga, Mau tutup mata dan semangat nabung reksadana emang sih.

Ken seneng banget karna ternyata saya udah bisa belajar Financial Planning. Dia juga semangat loh ngisi dan beliin saya reksadana tiap bulannya. Buat liburan, katanya. Jumlahnya ga gede kok. Cuman nyisihin 200ribu perbulan buat ditabung di reksadana, udah cukup. Kalo rejekinya lebih-lebih, masukin ke "dana dingin" di Reksadana PAsar uang atau RDPU si Bahana Dana Likuid.

Sekali lagi, Menjadi stay-at-home-wife ga harus membuat kita buta dan bego soal financial planning keluarga. Menjadi SAHM ga harus membuat kita buta dunia luar dan cuman tau urusan masak, dapur,kasur dan belanja. Kita harus cerdas mengelola keuangan keluarga. Karna kalo bukan kita yang cerdas, siapa lagi?  

Happy Monday, Everyone ... !!!
 


8 Comments:

  1. pernah diajak temen buat main reksadana. tapi aku blm tau ttg hal2 begitu jadi saya takut.
    kebetulan artikelnya ttg reksadana. makasih kak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tau dan takut karna belum belajar. :) hayuuk belajar sama2.

      Hapus
  2. Tanya dong mbak beli reksadana Krena nya dimana ya?
    soalnya saya ngincer reksadana Mr Bond kresna. Nyari di mandiri, commonwealth, ipot ama di bareksa gak ada yg jual, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. MR bond kresna ga ada di mandiri dan commonwealth ya emg. saya beli kresna kemaren di ipotfund. coba deh ceki2 ke websitenya

      Hapus
  3. mb kallo mau tau modal beli reksadana yang kita beli liat dimana yah kalo di ipotfud. fitur di ipot fund belum paha,..itu bisa didonlod di hp yah..koq di gambarnya itu..salam kenal mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu adalah laporan harian dari IPOT yang dikirim ke hp saya by email say. Jadi setiap hari ada laporan dari IPOTnya. Mau tau reksadana yang kita beli bisa liat di Portofolio ya. Untuk awal2 top up dikit aja dulu. sjuta dua juta. tapi saya kemarin lsg top up banyak soalnya dana dingin jadi emang udah ancang2 buat invest. utk lebih jelasnya lgsg ke web ipot, daftar deh say. saya udah 2x cairin uang yg di RDPU buat shoping hahahaha biasalah emak2 tergoda diskon. nah pencairannya lancar kok, kalo RDPU malah sblm H+7 uang udah masuk rek pribadi.

      Hapus
  4. Mbak, mau tanya.....
    Saya baru join reksadana...
    Nah saya takut tentang riba mbak...
    Menurut mbak reksadana pu atau saham itu kena riba nggak ya?
    Makasih

    BalasHapus
  5. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di hellokittykucing89@gmail.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang