Pertanyaan paling sia-sia dimuka bumi

" ada tiga pertanyaan paling sia-sia di muka bumi, sehingga sang penanya (seharusnya) tenggelam di kerak neraka yang paling dalam. Pertanyaan itu adalah : "kapan wisuda?" , "kapan nikah?" dan "kapan punya anak?" --- Noffret

Agak sadis memang kutipan tweet yang saya baca. Keluar dari seorang blogger dan penulis besar juga yang memilih melajang hingga usianya yang nyaris menginjak kepala 4. Oke maree kita analisa ya buibu.

Sebagai mahkluk sosial, dan biasanya kita saling berinteraksi lengkap sama aktifitas kepo , rese dan nyinyir terhadap sesama rasanya kurang afdhol kalo ga melontarkan pertanyaan2 useless bernada seperti diatas.

Seorang temen syurhat tentang kegalauannya setiap saat bahwa dia yang memang sudah waktunya untuk wisuda dan kuliah sudah terlalu lama mulai risau dengan pertanyaan2 rese kapan wisuda yang dilontarkan publik terhadap dirinya,

" Ya masa gue harus menggelar konfrensi pers dan menjelaskan ke setiap orang yang nanya kapan gue wisuda, bahwa bokap gue sakit keras, kuliah gue mandek ya karna biaya makanya gue masih belom kelar2 sampe sekarang. miris rasanya setiap dapet pertanyaan yang terasa menekan kayak gitu,is" Ujarnya nanar.

Yang bisa dilakukan anak malang ini hanyalah tersenyum bijak kemudian berkata dengan parau "doakan aja secepatnya ya".

Atau adalagi pertanyaan tolol "kapan kawin?" yang dilontarkan orang2 yang menurut saya kurang berempati pada sesama di acara kondangan atau acara keluarga. Membuat sang objek berasa ga enak sendiri. Padahal sang objek mungkin aja baru abis putus cinta, dikhianatin dan lagi proses bangkit dari keterpurukan dan demi Lady Gaga dan model rambut barunya , cuman Tuhan yang tau kapan, dimana dan siapa jodohnya. Lah, gimana bisa ngejawab pertanyaan useless macam begitu selain dengan senyuman nanar? 

Pertanyaan "kapan kawin?" yang sangat sia-sia dan hanya tuhan yang tau jawabannya ini sering pula dilontarkan dengan orang kepada korban-korban yang lagi mati2an ngeyakinin calon mertua dan nabung habis2an buat acara nikah *walaupun kadang imposible untuk mempersunting anak gadis orang, nah apa gak makin tambah keki tuh dapet pertanyaan kek gitu? 

Selesai dengan pertanyaan kapan kawin, orang2 yang menurut saya kurang berempati itu kemudian melanjutkan tingkat annoying level selanjutnya dengan melontarkan pertanyaan "Kapan punya anak?" kepada pasutri yang udah 3 bahkan 7 tahun belum juga dikaruniai momongan. Yang tanpa mereka ketahui, mungkin saja pasutri ini udah nangis2 berobat sana sini. Coba ramuan ini itu. Kedokter kandungan hingga ke ujung negri. Suntik hormon, invitro, solat tahajud sepanjang malam dan hasilnya masih belum juga dikasi anak? kenapa?
Karna itu bukan kuasa mereka. karna mereka pun pasti GAK TAU kapan mereka dikasi anak. Kalo tuhan bilang belom ya belom. Jadi menurut ngana apa fungsi , maksud dan tujuan pertanyaan tersebut ?

Pertanyaan2 itu justru membuat sang objek penderita ngerasa makin insecure, ngerasa makin "Oh my ... i hate my life.." ngerasa makin "Ya allah.. " sambil ngurut dada dan berharap sang penanya segera tobat dari kebiasaan kurang empati itu.

Pertanyaan yang sebenarnya,, seriously. Ga ada manfaat sama sekali. Seriusan. Orang yang gatau kapan dia wisuda memang gabisa tau kapan dia akan wisuda. Orang yang bahkan dirinya sendiri pun gatau kapan Tuhan kasi dia jodoh dan kapan dia punya anak? jadi pertanyaan sia2 ini TIDAK MEMILIKI JAWABAN. Dan sebenernya tidak harus dijawab. Karna yang dihadirkan dari pertanyaan yang maha sia-sia ini adalah perasaan yang seolah ngejudge
"Kok lo belom nikah? kok udah nikah lo belom punya anak? kok .. kok .. " 

Lagian ya neik, ini tahun 2016. Kurang-kurangin yuk nyinyir, kepo dan judging. Saya juga secara pribadi mungkin suka keceplosan dan bertanya useless kayak gini sama teman atau keluarga.

Sampai suatu hari. Saya mengalami perasaan itu. Menjadi objek penderita.

eng.. ing.. eng...

Ditanyain
" Jadi kapan nih "isi ? " 
 Bok, gue nikah sebulan aja belom dah disuruh isi alias hamil. Ya bukannya kenapa-napa sih ya. Mungkin aja yang melontarkan pertanyaan emang care sama kita. Tapi pikir deh. Nikah sebulan aja belom ya bok masih proses pembuatan bayi. ya belom isilah.

Lagian kalo emang isi, emang gue pabrik bayi yang gitu akad langsung dung. Ya gak dong. Terus kalo laki sama kitanya subur. Lah kalo kagak? Terus2 kalo emang tuhan belum mau ngasih anak gimana? Ih kebayang banget ga sih dikasi pertanyaan kayak gitu (sementara kita udah 2 taunan) nunggu kedatangan momongan. kan KZL kaka.

2016, daripada melontarkan pertanyaan2 ga mutu dan demi Tuhan , hanya Tuhan yang tau jawabannya itu, yok kurang-kurangin kepo dan useless kalo ngomong. Daripada nanya2 ga penting mendingan langsung straight to the point.

Daripada nanya2 ga penting mending langsung aja
"eh gue ada temen keren nih, mau gak gue kenalin ke loe. Kali aja cocok " Its better daripada bertanya kapan kawin ke orang yang udah jomblo akut dan membuat dia merasa makin insecure

"eh ni gue ada referensi gedung, dekor dan ketring murah buat nikahan. Kalo lo perlu kasi tau ya "  ke orang bertahun2 yang lagi desperate ngumpulin receh demi receh demi biaya nikah. Daripada mengeluarkan pertanyaan laknat "Kapan kawin?"

Atau
"eh udah coba alternatif yang disono belom? gue denger2 bagus loh. Orang datang kesana langsung hamil. Murah lagi ga pake ribet." Ngomong sama orang yang udah 7 tahun ga punya anak. Kan enak. Ada solusi. Ada pencerahan gitu. Ya daripada ngomong useless dan bikin orang ngerasa insecure yegak? Lumayan kan ya bok dapet pahala.

Btw, kalian juga pernah merasa diposisi itu ga sih. Atau cuman saya yang sensi ya?







15 Comments:

  1. Emang itu pertanyaan sepele yang menusuk. Hahaha
    Tapi ane ada jawaban nih ..
    Kalau ditanya nikah jawab aja habis ijab qobul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga ya mas. lah ditanya kapan nikah, ya abis ijab qobul hahahaha

      Hapus
  2. Pertanyaan kamvret emang kak :'v
    Apalagi posisi saya sekarang sering dingaya kpn skripsi nih. Mendingan kasih skripsinya kek ke aku, ya kan bisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau kan ! nyebelin emang kadang. kalo bisa bantu bikin skripsi kan enak ya ga dek

      Hapus
  3. Untungnya cuma ngalamin pertanyaan pertama

    kedua ketiga masih belum soalnya muka aku masih kayak anak sekolahan wkwkwk

    #pedeabis

    Yang sabar ya kak
    Yang lain yg belum ngalamin kayaknya mesti siap2in diri juga nih kalau suatu saat bakal ditanya soal ini ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieee muka anak2 wkwkwkw.. etapi emg iya sih, orang kalo kamu blg msh esema juga pecaya. bocah bgt soalnya wkwkwk :p
      liat aja lu ntar lagi ngalamin ditanya kapan kawin dan kapan punya anak ahhhh social life ya dek hahaha

      Hapus
  4. jelas pengalaman pribadi, itulah ada sebabnya mbak, satu kata ... karena "ngasep" hehehe... ngasep lulus, nyebabkan ngasep nikah, plus ngasep punya anak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mas,, pasti pernah ngalami toh? :p dimulai dari ngasep lulus menjalar ke ngasep2 lainnya

      Hapus
  5. Aku sering bgt ditanya kapan punya anak sampe bosan. Kadang kalo lg gila kujawab aja. kamu kapan mati? Sama toh ga tau jawabannya. Sadia emang tp kdg2 emang bikin sebwl sih

    BalasHapus
  6. Tau kan mba. Nyebelin banget kadang. hahahaha kapan mati? bener juga ya. Lha wong syp yg tau juga soal anak, jodh dll kapan waktunya :p

    BalasHapus
  7. daripada ditanyain mending didoain, ya ga?

    BalasHapus
  8. pertanyaan paling kampret emang, kemarin sebelum wisuda, sering kumpul-kumpul sama temen terus mereka nanya gitu "kapan wisuda ?" gue cuma nyengir berharap dengan sekali kedipan, itu skripsi kelar. terus pas udah lulus, pertanyaan mereka sama tambahan dari orang rumah bermunculan, jadi "kapan kerja ?" kan kampret.
    ini malah curhat ya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang musti sabar ngadepin pertanyaan sakti kampret yang cuman Tuhan yg tau jawabannya itu. Balikin aja pertanyaannya. Kamu kapan mati? kan sama2 gatau jawabannya wahahahaha

      Hapus
    2. sadis yang ini malah pertanyaannya -_-

      Hapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang