MY First REKSADANA !!! yippiiee !

Setelah berguru ke Mba Ligwina yang cadas kece cerdas itu tentang beberapa instrumen investasi dan merujuk sama postingan saya yang ini, setelah bertapa selama 7 hari 7 malam dan mandi kembang selama beberapa dekade, diskusi sama Ken tiap malem by phone Berbi kemudian memantapkan hati untuk meminang Reksadana Pertama akikaaa. yeyeyeyey :p

Sebelum saya kasi bocoran gimana cerita lengkapnya akhirnya saya bisa ngambil reksadana, kita cerita dulu yuk hasil survey Supermarket Reksadana. Jadi ceritanya Berbi pergi berkunjung ke 2 bank yang mengklaim menjual Reksadana inceran itu. Dua bank itu memiliki track record baik sebagai supermarket reksadana. 

Bank Mandisendiri Disini ketemu Cs yang unyu lagi ramah. Awalnya saya berniat benerin token saya yang pinnya udah expired. Kemudian, berbekal ilmu cetek tentang reksadana saya diskusi deh tu sama CS nya dan bilang kalo saya mau ambil beberapa reksadana untuk investasi.

Yaolo so pasti kan ngeliat tampang CS itu naga-naganya langsung deh saya diarahkan ke Unitlink (investasi sekalian asuransi). Kalem saya menggeleng lalu senyum sok unyu aja sambil milin-milin jilbab. Saya udah punya senjata pamungkas.
" Saya tidak berminat sama unitlink karna tidak sesuai sama tujuan finansial saya. Dari dulu saya berniat memisahkan investasi dan asurasi. Tidak akan saya satukan."
" Tapi Mbak sebelumnya udah denger presentasi unitlinknya? Ini bagus loh mba. Investasi sekalian asuransi. Ada yang syariah juga (maybe its coz my jilbab thing)"
" Gak deh mas. Saya udah mantap ambil reksadana aja untuk investasi saya"

Singkat cerita karna CS nya memang bukan bagian Reksadana,saya diarahkan ke CS senior yang memang Job Desk nya ngurusin reksadana. By Phone. Kesempatan ini saya gunakan untuk mencecar dengan bawelan beberapa pertanyaan seputar reksadana.

Kesimpulannya, Berbi kecewa. Kenapa? Reksadana Inceran memang semuanya tersedia di Mandisendiri ini. Tapi proses top up nya dong bok musti datang ke CS dulu. Isi form. Nanti kasi ke Cs lagi. Gabisa online pake token. Jelas repot lah. Lah gimana coba kalo harga reksadana yang saya mau lagi bagus hari itu karna IHSG lagi terjun bebeas, saya mau top up? musti ke CS dolok. Tau- tau harga udah berubah aja. Itu belom ngomongin Fee nya ya kisaran 1-2% per transaksi jual dan belinya. 

Bank CommKuneng Sebut saja dia seperti itu. Kalo bank yang satu ini udah agak maju. Beli dan jual bisa lewat token nya. proses cepet. Ga bertele-tele. CS nya juga kayaknya paham bener sama produk reksadana yang dijual. Eyke udah tertarik dong kan mau minang reksa disini aja. Etapi Fee nya lagi dong dong 2-3%. :(

Emang sih ya apalah artinya Fee yang cuman 2-3% itu namun karna mental emak gamau rugi yang sudah mendarah daging dalam darah tiap wanita akukan jadi kehilangan pegangan  susah hati jiwa raga pemirsah :(

Setelah memikirkan untung dan ruginya dan menimbang-nimbang fee nya saya memantapkan hati untuk melamar Reksadana pertama saya lewat supermarket reksadana online bernama IPOTFUND.COM. Bikin akun, lengkapin surat2, dapet rekening RDI di BCA, transfer dari mandiri ke rekening RDI saya and thennnn.... horaaaaayyyy !!

Reksadana pertama saya adalah ........ BAHANA DANA LIQUID. kenapa pilih reksadana ini? sesuai kebutuhan aja sih. Saya mau reksadana yang liquid under 1 year dan selama saya nyimpen uang bisa sambil saya ambilin klo perlu. Trus ini kan reksadana pasar uang ya. Jadi ga ada resiko rugi kecuali kondisi ekonomi indo lagi blangsatan kayak 1998 lalu.

So Here it is... me and my first reksadana. Saya mau nunggu pergerakan uang saya dsini dulu. Karna reksadana pasar uang yang saya beli ini memiliki return stabil menaik disetiap bulannya yang pasti 1-3 taun (jangka pendek) sudah jelas hasilnya lebih menjanjikan dibanding deposito.

Kalo ada uang lebih mau saya alihkan ke reksadana saham maybe Pratama Equity atau geng-gengnya schroders. Untuk jangka panjang 3-5 taun cita - cita bangun rumah sama Ken. :) Insha allah kalo istiqomah nabungnya dalam jangka waktu itu kecapai deh tuh tujuan investasi kita apa.

Happy Investing !!!!




2 Comments:

  1. setelah baca dari awal dan akhirnya.. duhduhh.. jadi pengen cepet2 punya rumah juga nih, tapi bareng siapa ya :3 hiks

    cemungut ya barbie semoga sukses, Aamiin

    BalasHapus
  2. makasihhh yoo adittt :p aminn adit juga yaa

    BalasHapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang