Bedakan Nabung, Deposito dan Reksadana

Kemaren pas lagi denger radio di Cosmopolitan FM , kedengaran satu kata yaitu financial planning. WHat? apaan tuh? :) Itu yang saya tangkep adalah bagaimana kita sebagai wanita yang cerdas, urban dan kelak akan jadi mentri keuangan didalam rumah tangga kudu paham dan paling gak punya perencanaan keuangan sendiri minimal kalo masih gadis kita punya tabungan.

Saya sudah memahami beberapa instrumen investasi. Diantaranya yang lagi ngetren sekarang kan Logam Mulia sama properti kan. Mengapa sih harus investasi? Ya buat mengamankan uang cash kita dari inflasi dong.

Bayangin aja nabung 50 juta di tahun 2008 nilainya menurun jadi 10% pertahun (itu hitungan kasarnya ya) itu berarti taun 2018 "nilai" uang kita gak 50 juta lagi. Tapi berkurang 10% tiap tahunnya. Gila kan? serasa nabung padahal dikit2 uang kita berkurang nilainya tergerus inflasi.

Kalo orang jaman dulu (jaman sekarang juga sih) mempertahankan nilai uang, dengan beli emas baik itu yang perhiasan ataupun yang batangan dan beli properti. Beli emas okelah kebeli. Beli properti? ga semua orang bisa kan? 

Apalagi yang gaya nabungnya kayak saya. Masih ecek-ecek. Masih suka jajan. Ngerasa aman nyimpen uang tabungan di deposito bunga 5% pertahun (paling gede loh ya), et et et.. pas 3 taun tetap berkurang kena inflasi. Lebih parah lagi kalo nyimpen uang di tabungan biasa bunga lebih kecil belum kena biaya admin. Tekor bok kena inflasi.

Trus musti gimana dong? 
:(

Investasi skalian asuransi? Unitlink? efisien kah? eitss.. nanti dulu. Nih baca tulisan "master" saya soal financial planning. disini.

Better setelah saya pelajari blognya Mba wina, Mata saya yang buta dikit demi dikit kebuka. Betapa pentingnya kita punya satu instrumen investasi yang aman. Meningkat. Setidaknya aman dari inflasi. apa itu? Reksadana Pasar Uang.

Mau tau jelasnya? belajar dulu yuk. Saya juga masih belajar. Dari banyak forum. Female Daily. KAskus. Serunya si Reksadana ini bisa dibeli 100rb perak aja tiap bulannya. Untuk jangka panjang sangat menguntungkan. Lebih aman dari saham karna yang mengelola uang kita adalah MI dan dilindungi oleh OJK dan Bank kustodian. 

Dah ah.. cuss bikin akun DI Commbank dan Ipofund.

0 Comments:

Posting Komentar

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang