3 Bulan setelahnya ...

"Kamu ga akan pernah benar2 dewasa sebelum Allah kasi kamu ujian... yang bahkan ga pernah kamu bayangkan "


Ya. Itu kata2 papa sebelum sebulan kemudian dia meninggalkan kami semua karna serangan jantung saat melaksanakan tugasnya sebagai abdi negara di Bandung. Masa menye2 nya udah selesai sih. Beliao ngajarin saya untuk jadi orang yang tough, yang kuat dan GAK akan menye2 meratapi keadaan ini.

Dibalik tingkah saya yang kadang kayak 
anak manja ini saya juga termasuk GAHAR loh jadi orang. Lagipula, Hidup must go on, ya kan?? Lu mau menye sampe kucing bertanduk pun itu ga akan ngembaliin keadaan kayak dulu. 

Jadi disini itu intermezzo aja ya. Sebulan setelah belio ninggal saya langsung ngumpulin semangat dan Though deh. Saya susun kembali rencana yang sempat tertunda. Apaan? Nikah.


Kemaren tuh pas sempet down saya ga kepikiran lagi buat nikah. Ga nyangka juga sih nikah ini jadinya tanpa papa disisi saya. Orang yang seharusnya jadi wali nikah saya. Tapi gapapa. Namanya hidup mati dan ditinggal mati itu proses hidup. Ditinggal mati orang tua lo sendiri dan mendadak mungkin jadi momok kehancuran bagi sebagian orang yang katanya tegar menghadapi hidup. Tapi saya yang kayaknya lemah dan tak berdaya ini, yang manja dan sangat bergantung sama orang tua? Ancur ga saya?


Saya bahkan ga percaya kenapa saya bisa setegar ini. Seperti ada kekuatan yang Allah kasi buat kita. Keluarga besar yang ditinggalkan. Sebulan aja mata bengkak, Hidup ancur, dan ngerasa mau mati ajadeh gue. 

Setelah itu. Saya , Mama dan adik2 saya mulai bangkit dan menyusun sejumlah rencana supaya bisa survive. Yang bagi sebagian orang mungkin? Oh really? They could do that? OH YES , MAM !!!! we are survivor.

Asal tau aja. Papa tuh datang nyaris setiap malam dalam mimpi saya. Saya tau itu mimpi ya jelaslah kesempatan ini saya gunakan untuk meluk cium dan nanya.
" Kok papa tega pergi secepat ini?"
"Udah waktunya, Lis... " sambil senyuuuuuuuuum maniiiis banget.

Udah gitu di mimpi2 selanjutnya ya kayak biasa. Kita kayak kumpul bareng abis solat magrib. Dia cerita kalo mati itu pasti. Disuruh sabar. Tenang aja, katanya. Nanti allah temukan kita lagi. Disuruh jaga solat. Jaga ibadah. Biar nanti bisa ketemu di jalan yang sama. Amin.

Dan mengingat umur papa yang masih 50 tahun lebih dikit, udah dipanggil Allah. Saya sadar bahwa ternyata idup itu singkat banget. Ga ada waktu buat menye2. Pernah saat saya benar2 hancur itu saya curhat ke salah seorang sahabat yang "mama dedeh" banget buat ngasi saya support. Dan kata-katanya bener2 logis dan masup akal untuk kondisi sekarang.

Saya punya banyak tanggung jawab besar yang diembankan sama saya, GA ADA WAKTU buat saya menye2 kayak esmeralda ditinggal Armando ye. Mungkin orang lain bakal menye berbulan-bulan tapi saya TIDAK. kenapa saya harus takut papa pergi? DARAHNYA ngalir dalam badan saya. Pantesan aja omongan2 belio ga pernah saya lupa. Kayak yang terngiang ngiang gitu ditelinga.

Aneh.

Kalo mulai mau ancur lagi. kayak ada suara dalam kepala. Suara papa. Yang menenangkan. Dan bilang jangan takut. Allah tuh udah jamin semuanya. Tugas saya hanya taat dan bakti buat umat. Bener2 suara papa.

Jelas. Seperti dinasehati lagi gitu. Kalo pala mulai2 pusing. Kayak ada papa ngomong dalam hati. Dalam kepala? dad, are u inside????

"Yes..... im inside your hearth"



2 Comments:

  1. Papa pasti bangga sama mba. Semoga selalu semangat menjalani hidup baru ya. MMama butuh mba pastinya untuk melengkapi hidupnya. :)

    BalasHapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang