Selamat Jalan, Pah .....


H.Rahmat Sumadi bin Rabun Sudira
Alfateha.. Hari itu,selasa juni 2015 dengan stelan hitam baju kantor menenteng koper, menerima panggilan tugas studi banding ke pemprov bandung. Duduk di kursi kuning depan tv.. memasang sepatu untuk ke bandara. Ga ada yg pernah menyangka.. itu kali terakhir saya melihatnya.
" jaga amalan. Jaga ta'lim bada magrib. Jaga adek2.. nanti papa plg kita bahas semuanya"
Di bandara, bang beri menunggu dgn gelisah, papa menghabiskan waktu 1 jam di lounge musola bandara.. sdh mw boarding padahal.. sdg apa? Solat sunnah dgn rakaat2 yg panjang.. sepertinya mmg sdh tau.. akan sgera pergi.. jauh..

Hari jumat beliau berpulang. Di bandung... Tidak ada penyebab. Hendak mengambil wudhu bada ashar. Sepertinya terjadi nyeri hebat pada dadanya. Beliau bersandar. Menunduk. Dan pergi... dan tak pernah kembali..
kami sayang papa.tapi ternyata allah lebih sayang..
Saya bersyukur sdh brada dirumah full sejak april. Masak sama2. Berbincang2. Membahas dan bersama2 mengunjungi lahan pengelolaan karet dan lahan keluarga yg beliau cita2kan utk dibuat pesantren.
Sedih. Hancur. Tapi kebersamaan terakhir telah terpatri pesan yang sangat jelas. Jaga amalan. Jaga agama. Maka anak2 papah pasti akan mencapai semua impiannya.
Tenang saja. Urusan dunia papa sudah memantaskan diri. Sudah allah jamin anak2 papa. Satu yang tdk ada jaminan. Akhirat. Perjuangkan akhiratmu. Amalan agamamu. Ikuti sunnah dan quran.
Secara jasad. Beliau mmg telah tiada. Sdh dkubur didalam tanah. Tapi darahnya. Mengalir dan hidup di tubuh anak2nya. Ada didalam stiap nadi kami. Anak2nya. Yang sangat yakin. Haqqul yakin. Bhw perpisahan ini hanyalah sementara. Suatu hari kami akn dikumpulkan.. diruang solat dirumah.. spti stiap magrib kami berkumpul utk ngaji kitab dan ta'lim sama2. Begitulah doa papa saat didepan hajar aswad. Minta supaya allah kumpulkan spti saat kami berkumpul bada magrib dirumah.
Istirahatlah yang tenang pah.. allah akan ampunkan papa lwt doa kami anak2nya.. tunggu kami smua. Suatu hari. Di hari hisab. Allah akan mempertemukan kita lagi. Pasti.

0 Comments:

Posting Komentar

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang