Perjanjian pranikah? Im on it.




Selain insha allah ga punya musuh dan memiliki banyak temen yang unyu dan care for me, hidup saya been soo blessed punya temen2 dunia maya yang super cerdas. Or so called womenpreneur *biarpun saya ga secerdas , sekece dan sesukses mereka gapapalah bisa kecipratan ilmu dikit2. Most of Working Mom dan ada juga yang FTM alias ibu rumah tangga. Ketemu dan sharing dengan mereka kemarin di forum gosipan kita2, yaitu tentang PERJANJIAN PRANIKAH. Is it important? Is it okey to protect us as working mom/or full time mother? 


So kita kadang email2an buat saling share. Karna walaupun kita full FTM dirumah, dont ever let your knowledge left behind. Jangan mau cuman melongo bodo drumah. Minimal saya harus aware dengan isu2 kek gini.  Nah dari chit chat bareng itu saya dapet cerita nih

"contohnya problem tmn gw, lakinya selingkuh terus( soalnya bukan cm skali ) akhirnya tmn gw abis kesabarannya balik ke rumah nyokapnya  tapi parahnya masa lakinya bilang gini, anak ga bisa sama lu, klo dbawa ke hukum juga pasti g yg menang, soalnya gw yg ngebiayain dy dr kecil ( in case, tmn ce gw ini mw anaknya ikut dy )
gilaaa ga tuhhh  lha org di seluru dunia juga tau kali, yang cari duit laki. ce kalo mao yah kerja, klo ga mao yah ga ada kewajibannya,

padahal temen gw ini sebenernya mao kerja tp mertuanya bilang gini, bole u kerja tp gajinya buat mamak mertuanya semua soalnya mamak mertuanya kan uda jagain anaknya 

bleh sekarang yang paling kasian anaknya, bapaknya kerja terus tiap ari, anaknya kan ga bisa ketemu nyokapnya  tinggal sama mertuanya tmn gw, ga ada kasih sayang orang tuanya , sedihh bener ngedenger dy cerita "

Atau ada lagi nih email dari teman saya yang pada akhirnya memantapkan diri buat bikin prenup agreement sebelum dia nikah. Awalnya dia gamau juga ngerasa ga penting bikin gituan. Kayak yang desperate aja sama marriage. But hey, in the future? who knows? siapa yang bisa jamin everything gonna be alrite?

gw pre-nup agreement juga nih sebelum nikah ama mantan pacar (suami gw skg)...
jaga2 klo ampe pas ud nikah nanti gue dimadu.ato suami gue nikah lagi...

soalnya ada bok...sodara gue....mreka sama2 start dari nol brg2....skrg si suami nikah lagi...dg alesan si istri tuh ga jaga badan(emg si istri nya gemuk)...ga perhatian ma rumah tangga....trus si suami bisa aja gitu suka2 nya nikah lagi....ksian nya kan mreka udh punya 2 anak yg bakal ikut si istri...gue ga tau tuh ntr mslh biaya2 gimana...sbnernya si suami n istri sama2 mampu sih..tp tetep aja kan nyesek di pihak si istri...

jaman skrg ya..hr ini manis2 blm tentu 10 ato 15 tahun lagi masih manis2....yah buat jaga2 aja kan..anything could happen IMO

Atau adalagi cerita miris lainnya

Ipar ak cow, pekerja keras, patuh sama ortu dan lumayan mapan. Nikah ama cewe yang so called "barbie" yang cantik, agak matre dan gabiasa hidup susah. Saat mereka nikah everything was fine. Dan memiliki seorang putri yang lucu. Kehidupan juga lumayan berkecukupan. Tapi si istrinya ini emang sbg cewe mulutnya aga tajem dan sangat demending. Egois dan "terkesan" menjauhkan ipar aq dr kluarga, JAdi kalo misal ipar ak ada acara kluarga or ngasih2 sesuatu sm mamanya, nah istrinya (or mantan istrinya ini) suka ngamuk ga jelas dan nuntut waktu harus slalu sma dia dan ikut kata dy.
Until one day, bisnis ipar ak berantakan. Hidup aga goyang dan beberapa aset disita bank. Gaya hidup mantan istrinya ini jelas dong gabisa ngikut lagi kayak dulu. and u knw wat, si mantan istrinya ini selingkuh dong sama mantan cowonya waktu dia kuliah dulu. Yang jadi masalah adalah rumah mobil dulu itu walau hasil kerja keras ipar ak tapi atas nama istrinya ini.
So mereka ngurus gugatan cerai aja karna tu cewe lebih milih sama mantannya. Dan hak asuh anak krn msh batita jatuh ke tangan cew itu pdhl jujur,, ngasuh anak aja gabener. Kesian bgt ipar ak. Dulu waktu sukses disayang, giliran lg susah ditinggal, diselingkuhin pulak.

Saya ga ngajarin juga buat putus asa, insecure atau ga yakin sama pernikahan. Pernikahan itu murni dan suci. Bener-bener harus dijaga dengan kepercayaan dan kedewasaan *tsaaaah bahasa gue Tapi in my humble opinion siapa yang bisa jamin hidup dalam 10 or 20 years later rumah tangga kita baik2 aja? even saat kita udah usaha maksimal? Trus gimana pembagian harta kalo kalo *amit2 ketok meja 3x deh kita terpaksa harus divorce atau bercerai?

Oke then. in worst case nya *amit2 lagi ya bok, bercerai. Gimana tuh rumah KPR yang udah dicicil bareng2 pas idup masih sama sama susah , anak yang udah dirawat sama2 hak asuhnya gimana kalo ternyata yang bikin kesalahan itu (selingkuh , kawin lagi etc) ada di salah satu pihak? sanksinya apa?

Saat hal ini saya utarakan sama Ken, dia setuju dan ngerasa yakin bisa ngejalanin perjajian ini. Termasuk diantaranya harus setia dan hanya boleh curhat sama dia dan dilarang lagi curhat sama lawan jenis (in my case saya punya banyak sahabat cowo yang biasa kita cerita2) kalo hangout blh, tapi curhat pribadi gaboleh *ngok

Dan sebelum nikah kan masing2 kita udah ada simpenan masing2. Rumah atas nama Ken sendiri dan tanah atas nama dia ada. Tabungan dia. Saya juga gitu. Nah itu dihitung sebagai aset pribadi yang ga masuk ke aset bersama.

Setelah membicarakan pembicaraan yang sangat alot dengan calon suami saya dan kita berdua juga ngobrol sama ketua KUA kota pontianak (kita kerumahnya waktu itu), kami mengambil keputusan untuk tetap membuat Prenup Agreement diatas materai sebelom kita nikah dengan poin2 yang insha allah ga zolim dan ngelanggar norma agama dan pidana.

1. Poin yang menjadi issue JELAS SANGAT MUTLAK adalah soal kesetiaan dan perselingkuhan serta pernikahan siri (yang mungkin saja bisa terjadi dimasa depan kalo laki lo udah mapan) itu kita buat sanksi2 nya. Peselingkuh bisa kehilangan 100% hak asuh anak dan bisa kehilangan 70% hartanya apalagi kalo sampe milih lari sama selingkuhannya dan ngancurin rumah tangga (bisa jadi kadung cinta,dipelet,etc). Loe selingkuh? kalo sampe cere jangan harap dapat hak asuh anak.

2. Hak asuh jatuh ke tangan ibu kalo anak masih batita. Sisanya sang ayah tetap harus menanggung biaya buat anak apalagi kalo disini ayahnya yang selingkuh. For the rest of his/her life.

3. Sebelum nikah (kalo) kita masing2 udah punya usaha sendiri, dalam bentuk tabungan, aset, stocks. Nah kalo terjadi apa sama pernikahan ini, itu dibagi masing2 (bukan dibagi dua) sesuai aturan berlaku. 

4. KDRT juga dibahas. Kalo sampai terjadi KDRT dalam rumah tangga (dan terjadi terus menerus) gimana pengaturannya dan apa pengaruhnya sama hak asuh anak dan harta yang udah kita perjuangkan sama2.

Nulis postingan ini, pasti akan ada emak2 soleha atau skeptis , bilang kalo perjanjian semacam ini tabu/haram dll. Please sebelum skeptis dan nyinyir take a look disini dan disini untuk tau hukumnya dalam islam. 

Believe me, honey. Saya hanya mencoba realistis aja ya.. Kita wanita, perlu perlindungan juga buat pernikahan kita dan especially diri kita sendiri. Begitu juga suami. Insha allah dengan niat yang baik preenup agreement ini bener2 ngelindungin kedua belah pihak dimata hukum. Dan ini pilihan saya.

Saya sangat sayang calon suami saya. I trust him. I loved him so much.  Begitupun dia berjanji dan akan terus setia sampai mati. Dan insha allah dia orang yang menepati janji. Tapi bukan berarti kita ga siap sama kemungkinan terburuk. First of all, semoga semua pernikahan kita sakinah, mawaddah , warrahmah sampai maut memisahkan. Insha allah.
Kiss. kiss :*



2 Comments:

  1. Duh..

    agak berat deh ini
    gue baru mau wisuda belum kepikiran mau nikah apalagi selingkuh wkwkwk
    *eits bukan berarti ada niatan selingkuh lhooo*

    Gue cuma pernah pacaran sekali
    pas SMA
    sama cewe yg ditaksir sejak SMP

    pas lusus SMA putus demi fokus kuliah
    sama-sama berdoa semoga pas udah matang dipertemukan lagi

    dan jadilah sampai skrg Gue blm bisa move on dr dia masih berharap bakal hidup sama-sama. lagi proses kode-kodean nih doakan ya kak kami dipertemukan hehehe

    :))

    *Kenapa jadi curhat disini*

    BalasHapus
  2. yoii... gue doain dah semoga lo jodoh ama dia ya aul. Gw melipir maen ke blog lu ah,,, cieee yang udah wisuda

    BalasHapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang