Mengapa gadis muda dan mama muda WAJIB punya investasi?

Loe mamah muda yang ketje *sholeha dan bersahaja? kerja kantoran gaji under 5jutaan dan sepertinya duit gaji abis buat shoping, jajan, jalan makan dan arisan?

Lo mama muda stay at home wife, ibu rumah tangga, nunggu suami pulang kerja dan dapat jatah bulanan dari suami untuk dikelola? dan lo GAK PUNYA instrumen investasi? APaaaaa? TIDAAAAAAAAK !! *sambil berlari dengan bikini

Wah gak keren dong kalo belom punya instrumen investasi. Instrumen investasi yang saya maksudkan disini bukan *sekedar punya saldo tabungan biasa puluhan milyar di rekening ya, yang saya maksud instrumen investasi ini adalah loe punya dana yang loe sisihkan tiap bulan, katakanlah recehan2 untuk disimpan dan diarahkan ke instrumen investasi dengan harapan dimasa depan itu investasi bisa memberikan imbal hasil LEBIH BESAR dari yang udah kita tanamkan sejak dulu kita beli pertama kali atau sejak kita setor tiap bulan.

Sebenarnya banyak kok instrumen investasi yang bisa kita coba. You name it. Tanah, emas, deposito, kepingan dinar, properti (termasuk rumah kontrakan dan kosan) serta reksadana. Sebagai mama muda yang masih awam, honestly, saya juga masih belajar apa-apa aja sih instrumen investasi yang bener-bener memberikan manfaat nyata katakanlah dimasa depan 3 sampai 5 tahun kedepan bisa memberikan nilai tambah.

Biar gampang kita pake ilustrasi "dana dingin" aja yuk. Dana dingin ini maksudnya tuh duit nganggur di rekening kita, jumlahnya terserah, apaja sih yg bisa kita lakukan sama uang itu biar ga kalap terus-terusan dipake shoping, jajan dan olshop *ih omaygad gue banget , kita arahkan tu dana dingin untuk punya instrumen investasi dengan harapan slain nabung, tu duit ga kemakan inflasi dan bisa punya nilai tambah buat kita. 

Believe me, ngomong kek gini sama laki lo, pasti langsung dapet ciuman mesra di jidad deh. *yaiyalah *yaoloh. Ya senenglah suami kita punya bini cerdas yang paham investasi. Minimal dia tau kan kita-kita ini ga cuman bisanya shoping, jajan,jalan makan aja. Ngerti dong yuk sama investasi.

Langsung masuk contoh kasus "dana dingin" ya. Mulai dari yang paling gede 50juta sampai dana dingin paling kecil 200ribu. Siap? Yuk !

  • Gue ada dana dingin Rp.10 juta-50 juta Kira-kira instrumen investasi apa ya yang bagus buat gue serta aman dimasa depan dan pastinya bukan investasi bodong?
Tempatkan di DEPOSITO : Yang mana amat sangat tidak gw sarankan karena ya itu tadi, bunganya kecil dan ada pajak 20% atas bunga. Tapi kalo emang kepaksa banget ya gak papa dananya ditempatkan di deposito bank karena gimanapun sampai nominal Rp. 2 Milyar tetep dijamin pemerintah.

Belanjakan di reksadana pasar uang : Amat sangat gue sarankan. Lo pergi ke bank, (BCA, Commkuneng, Mandisendiri) loe bilang aja mau beli reksadana pasar uang sebanyak 20juta dan bilang masukkan keuntungannya langsung ke rekening lu. Beres. Aman. Ga ada pajak kayak deposito. Imbal hasil mengalahkan inflasi jadi duit lu nambah terus (bagusnya ambil yang syariah ya buat yang muslim) serta dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan. Believe me, honey. I know. Ini jauuuuuh lebih baik dari deposito dan tabungan dan BISA lo cairkan kapanpun lo mau.

Belikan tanah dan properti : Amat sangat gue sarankan juga. Hari gini punya duit puluhan juta jelas harus minatnya belikan tanah dan properti (rumah,kontrakan,kosan) percaya atau enggak suatu hari aset properti dan tanah ini bakalan melambung tinggi nilainya. Tanah, perawatannya juga ga repot. Tanah kavling yang udah ada akses jalan, bisa masuk mobil, udah SHM,  Biarin aja 3 tahun dia bisa naik sampai 50%. Percaya ga, tanah dan properti naik 30% pertahun loh.

Belikan keping dinar atau emas batangan : Ini juga opsi keren lainnya. Lagian sekarang pembelian emas batangan udah gampang kok. Tingal ke antam.com atau orori.com buat beli emas murni 99 karat sebagai investasi. Bisa beli online (kemaren gue order emas batangan di orori dan bagusss banget pelayanannya. Akan gue ceritakan dalam postingan terpisah ya). Mengapa emas? karna nilainya naik terus dan anti inflasi. Walaupun ga besar naiknya kadang malah turun, tapi emas batangan dan keping dinar ga akan merugikan kalo kita tau timing buat jualnya lagi. Keping dinar malah sejak jaman Rasullulah, nilai 1 keping dinar stabil = 1 ekor kambing.

Kekurangan : Kekurangan tanah,properti, keping dinar dan emas batangan adalah HATI-HATI dalam penyimpanannya. Sertifikat tanah jangan sampai hilang atau dicuri orang. begitu pula kepingan dinar dan emas batangan. Berbeda dengan deposito dan reksadana yang ga memerlukan deposit box, emas batangan , keping dinar dan sertifikat tanah perlu tempat penyimpanan yang aman.

"duit banyak ini ga yakin gue is. Mau yang aman-aman aja sih tabung biasa aja ah..." eitssss. Yakin mau nyimpen dana banyak dengan nabung biasa aja? Baca ini deh. Biar kebuka matanya kalo nabung itu (gak selalu untung).
  • Dana dingin gue gak segitulah.. adanya palingan 5-10 juta lah dana cadangan di rekening. Investasi apa ya kira2 yang aman dan anti bodong?
Belikan emas batangan dan keping dinar : deposito sengaja ga gua sarankan ya. Udah kena pajak. Pake tenggat waktu. Gabisa bebas ngambil kalo lagi perlu. Ribet dah. Tapi kalo kita punya dana dingin kisaran 5-10 juta, udah bisa beli emas batangan 10gr kok. Keping dinar yang harganya (2016) sekitar 2 jutaan, udah bisa dibeli 5 keping setara dengan harga 5 ekor kambing.
 
"kalo gue pengen beliin perhiasan emas? kan lumayan ya. Sekalian ketjeh dipake dibadan. Sekalian investasi." Kagak ngelarang tenang aja. Cuman kalo banyak2 perhiasan emas *kayak emak2 heboh dandan kayak tokomas berjalan itu ga yakin sama keselamatan deh. Takut dirampok neik hahaha. Udah gitu, kadar emas perhiasan sama emas batangan kan beda cyn. Kalo menurut gue, perhiasan dan investasi gabisa disatukan.
 
Udah bisa beli tanah kavling 10x20m : Walaupun mungkin lokasinya ga ditepi jalan tetapi dengan dana segini harusnya udah bisa beli sekapling tanah atas nama kita sendiri kok. 

Belikan reksadana : percaya gak. Awal-awal gue ngerti investasi instrumen investasi yang pertama gue beli adalah reksadana (mei 2015). Sekarang udah menikmati hasilnya. Terpampang nyata. Tidak seperti deposito yang ada tenggat waktu, kalo gue lagi kepepet reksadana ini kan bisa dijual lagi. Makanya 2016 kemarin gue mantap beli 2 reksadana karna emang udah ngerasain sendiri manfaatnya. Postingan tentang itu gue tulis disini.
 
  • "Dana gue adanya recehan nih. Kisaran 200ribu - 1 juta lah. Tapi gue rutin dapet tiap bulan. Cuman seringnya gue nabung biasa aja sih.. mau invest bisa kah duit recehan segini?"
Bisa banget !! Beli apaan dong? cicil emas !! di beberapa bank ada yang nawarin fasilitas cicil emas batangan loh. Bagusnya ambil yang syariah. Dengan 200rb perbulan dalam jangka waktu tertentu kita bisa nabung emas batangan.
 
Lagi-lagi jangan syok ya dengan info ini. Kita tetep bisa beli reksadana dengan minimal pembelian 100rb perak!! beneran? eh beneran. Cuss deh ke BCA, CommBank atau mandiri. Kalo lo orangnya mobile n gamau ribet bisa beli di Supermarket reksadana online yaitu Ipotfund.com. Reksadana sama deposito? mendingan mana dong? Baca disini.

Nah, mama muda dan gadis muda yang seksehh ,sholeha, dan rajin menabung, masih mau bandel ga punya investasi? yuk cerita sama suami. Biar makin disayang suami. Mau diskusi dan sharing sama2 belajar, komen aja yaa . Kiss. Kiss.

7 Comments:

  1. Cara main reksadana gimana, mbak? Saya tertarik dari dulu. Tapi masih bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cek postingan saya di bagian Financial Planning ya mas. lengkap. Belajar aja dulu mas. Insha allah tujuan finansialnya tercapai.

      Hapus
  2. oke sip, materi diskusi selanjutnya sm suami adalah iniiiiiii,
    makash ya mbak :)

    BalasHapus
  3. aiiiih belum siap mental eike teh :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw dulunya juga ga siap mental :( tp gw banyakin lg riset , baca dan belajar. Masuk ke kaskus, cari info sebanyak2nya dan akhirnya memutuskan, well im in!!

      Hapus
  4. Makasih infonya mbak, aku mau nanya dulu reksadana ambil instrumen apa ya? Aku masih bingung mau ambil apa :)

    BalasHapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang