cerita tentang Babyblues : Cerdas dan Gak waras itu beda tipis

" Is.. sebenernya gw malu mau cerita. Tapi sumpah gw setres banget. gw mau mati aja!"

Malam ini gw dikejutkan dengan masuknya pesan watsap dari Tina, sohib gw waktu kuliah yang baru abis melahirkan dan sekarang baby nya usia 1 bulan. Pikiran dan firasat gw bener. Tina kena babyblues. Sindrom setres dan depresi setelah melahirkan. Dan dia malu mau cerita karna dia merasa dia satu-satunya orang yang berpikir mau bunuh diri dan bunuh anaknya juga.

Dan gw kasi tau ya. Gw juga pernah punya pikiran yang sama waktu abis melahirkan kemarin. Kadang kalo diingat gw kok kayak orang gila ya? Iya emang gw tau punya anak yg lucu sehat melahirkan normal. Punya adik dan mertua yang baik mau bantuin gw setelah melahirkan. Punya mama yang bagaikan malaikat yang nyiapin semua kebutuhan gw (kalo ga ada mama didunia ini mungkin gw mati kalik gaes)

Tina curhat tentang banyak hal. Tentang kondisi keuangan dia gimana nanti setelah punya anak. tentang masalah keluarga. tentang ASI nya yang seret. tentang kondisi rumah yang berantakan. tentang dia yang kurang tidur. dan dia yang ngebentak bayi nya karna tu bayi rewel dan gamau tidur...

" Aku kayak orang gila, is... gila dah kali aku ya.."

Gw cuman tercenung. Tina ga sendirian. I know how she feels. I know hows to feel when i walk in her shoes. Gw pernah ada di posisi babyblue itu. Saat malam gw tidur cuman berdua Rendra. Suami gw kerja jauh. Gw bisa-bisanya nangis mikirin banyak hal ga penting. Hal yang literally bener2 ga penting kayak :

1. Gw sendirian. Gw ngedidik anak ini sendirian. Laki gw jauh. Ntar gimana dong? gimana kalo laki gw cuek sm gw? nyerahin sepenuhnya urus anak ke gw?
2. Gimana nanti kalo mama gw tiba-tiba mati? sama seperti papa gw yang meninggal mendadak? gw sama siapa? siapa yang baik sama gw? gimana adek2 gw?
3. Gimana biaya setelah punya anak? gw harus kerja. Gw harus menghasilkan uang. Gw gamau anak gw kekurangan susu, pempers. Gw gamau cuman ngarepin suami
4. Gw rindu papa. Kenapasik papa harus pergi cepet? semua ga akan seberat ini kalo ada papa.
5. Kenapa gw harus melahirkan? kenapa sih gw secepat ini punya anak? gw belum siap.

Dan hal-hal ga penting ini gw pikirin. Sampe bantal gw basah oleh air mata. Anak gw nangis mw nenen. Gw nenenin sambil nangis.

Dan anehnya itu cuman terjadi di malam hari. Paginya gw kembali ceria. Mandiin anak gw. Main sama dia.

Fix gw BABYBLUES. Penyakit jiwa kampret yang menyerang emak2 pasca melahirkan macam gw inih. Sampe sohib gw udah tau sih. Jadi pas kita ngobrol di grup wa pertanyaan mereka :

" Teis masih waras ga? kalo udah mulai gila kita jalan dan ngumpul ya.. biar  ga keterusan gila.."

trus gw bales

"Iya ntar kalo udah parah gilanya tolongin gw ya.."

Sahabat itu gitu. Mereka bisa tau gw lagi sakit jiwa bahkan tanpa gw kasi tau mereka.

Suami gw, sebenarnya dia masih bisa tertipu oleh senyum manis diwajah gw walau gw lagi suntuk atau sedih tapi dy tauuu banget bikin gw bahagia. Kemaren saat lahir anak gw itu, dia sering ucapin makasi. Peluk gw. Sayang sama gw. Beliin makanan yang gw suka. Nemenin gw jaga anak malam-malam. Walaupun dia ga tau apa sebenarnya yang ada dalam otak gw ini (dan baru ini gw tulis di blog) Hal kayak gini yg bikin gw ngerasa gw ga sendirian.

Sumpah ya setelah melahirkan kemaren, gw sebagai wanita ini ngerasa apaya.. ngerasa kayak sampah. Kayak yang udah berjuang ngelahirkan. Udah jadi emak-emak. Udah ga bebas lagi. Udah terikat. Dunia gw berubah 180 derajat. Sekarang gw bakal terkungkung. Gw punya tanggung jawab besar. Gw harus urus diri gw sendiri. Urus suami dan memastikan pula anak gw harus keurus.
Intinya, stress itu muncul saat lo ngerasa lo sendirian. Ga ada yang ngerti apa yang ada dalam otak dan pikiran lo. Mereka taunya lo punya anak bayik sehat, lucu dan lo happy. 

Padahal dalam otak gw yang saat itu lagi babyblue itu KOMPLEKS.

Maka dari itu. Gw bilang ke Tina, gimana caranya supaya dia survive. Caranya ya dia harus EGOIS dulu sebentar. Egois buat bilang dia butuh istirahat buat tidur setelah semalaman begadang jaga bayi merah yang masih netek dan suka begadang.

EGOIS kalo dia harus jadi ibu yang bahagia dulu, baru dia bisa ngasuh anak dengan bahagia dan nanti menghasilkan anak yang sehat jiwa dan raganya. Semua tu tergantung kita, ibunya.

Kalo kitanya aja udah gila, stress, tertekan? emang bisa ngurus anak bener?

Gw bilang sama tina bahwa yang tau obat dari babyblue yg dia alami adalah dia sendiri. Dan suaminya. Harusnya suaminya lah orang pertama yang menawarkan diri buat ngebahagiain dia yang udah berjuang keras jiwa raga bertaruh nyawa ngelahirin anak mereka.

Hal-hal kecil yang pentiiiiing banget banget : jalan-jalan berdua suami sambil cerita tanpa gangguan si kecil, makan malam berdua, pelukan dan pillow talk malam-malam curhat tentang hidup dan masa depan, mengurangi frekwensi megang hape saat dirumah dan lebih peduli sama sekitar....

Dan yang terakhir. Gw ingatin dia supaya BANYAK BERSYUKUR.

Obat dari segala penyakit hati dan penyakit gila adalah rasa syukur.

Mungkin banyak tina-tina lain diluar sana yang mengalami hal yang sama kayak yang gw dan sohib gw alami ini. Cuman mereka ga mau cerita. Mereka bungkam. Mereka biarkan batrai kewarasan mereka habis oleh tekanan biaya hidup, kesusahan dan berantakannya komunikasi sama suami, tertindas oleh mertua dan sempitnya hidup. Batra kewarasan habis tanpa di recharge

Sehingga hadirlah anak-anak pembohong. Anak-anak yang ga keurus dan asyik dengan game dan gadget. Anak nakal dan suka mencuri.

Sekali lagi gw tekankan, 
Lo seorang suami dan punya istri dan anak? lo cek bener-bener apa yang ada dalam pikiran bini lo. Cek dia udah bahagia belom? Cek apa kegundahan hatinya yang dia gamau cerita. Karna kalo itu dibiarin itu akan jadi bom waktu.

meledak didalam bikin rusak intern. Atau meledak diluar ketika ada yg lebih peduli sama bini lo dibanding lo, dan lebih bahaya lagi kalo itu seorang laki-laki. Kelar tuh rumah tangga lo.

kalo lo seorang ibu dan lo mau anak lo bener. Lo harus bahagia dulu. Lo harus waras. Anak lo ga peduli mau lo kasi ASI atau sufor. Mau lo pakein baju bekas atau baru. Mau lo beliin mainan mahal atau murah.

Yang dia tau, dia kenyang. Dia disayang. Dan dia punya ibu yang waras.
 

0 Comments:

Posting Komentar

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang