Perjalanan Mencari RUMAH di Pontianak (part 2)

Baca part 1 nya disini

Lo percaya gak kalo dalam mencari rumah itu jodoh-jodohan? Rumah itu sama dengan JODOH. Kadang lo udah ngerasa yakin tapi tangan Tuhan mengarahkan ke jodoh yang sebenarnya. Dulu gw gak percaya hal tersebut. Tapi sekarang gw mengalami sendiri.

Lo akan kaget sendiri gimana Tuhan mempertemukan dengan sebuah solusi. Yang sesuai budget lo dan sesuai dengan niat awal lo yang gamau lama-lama ngutang KPR.

Jadi cerita gw di postingan sebelumnya bahwa gw udah booking 1 unit ditempat yang menurut gw, gw jatuh cinta sama lokasi nya dan setidaknya tanahnya agak luas dibanding tempat-tempat yang dulu gw survey.

Tapi dalam hati gw terus mikir. Setiap hari gw ucapkan dalam doa. Kredit KPR ini memang murah. Perbulannya okelah tercover. Makin lama makin kecil nilainya karna kan bunganya flat tapi gw nyicil selama 20 tahun.

Tapi 20 tahun ngutang KPR itu bukan waktu yang sebentar.

Gw bisa mempersingkat waktu cicilan KPR gw menjadi 15 tahun dengan DP yang lebih besar. But, still. Gw tetap kena biaya akad yang gak sedikit yaitu 9jutaan.

Dan sebesar apapun DP gw diawal tetap gw paling banter kena 10 tahun nyicil.

"ah.. gapapa nyicil kan lama-lama kerasa dikit uang segitu."

Tapi gw gak dididik seperti itu gaes. Gw diajarkan untuk sebisa mungkin menghindari hutang justru gw diajarkan memperbanyak aset. Bokap gw ngajarin lebih baik kelaparan dan makan pake garem daripada berhutang. Apalagi berhutang ke bank yang bunganya bikin lo rugi. Sampai puluhan tahun pula. Terserah buat lo yang udah ambil KPR 15 tahun or 20 tahun. Tapi gw gak kebayang dalam waktu selama itu nyicil ga lunas-lunas.

Hingga suatu hari ada orang yang menawarkan rumahnya. Beserta tanah yang lumayan luas 9x21. Rumah sudah dibangun dengan cara over kredit. Sisa angsuran hanya 6 tahun lagi. Tapi dia meletakkan harga yang sangat tinggi.

Jumlahnya dua kali lipat dari tabungan gw. Gw kemudian survey. Dan insting gw kemudian bermain. Hal-hal dibawah ini sengaja gak gw sampaikan sama si penjual. Karna ini nilai plus bagi gw. Gw ceritakan disini supaya bisa jadi pembelajaran buat para pencari rumah untuk menetapkan standar rumah seperti apa buat lo tinggali.

Lokasi : Lokasinya lumayan. Gak rame dan gak crowded tapi gak jauh2 juga dari pusat kota. Akses kesana bisa masuk mobil. Kanan kiri udah ada warga. Lingkungannya adem. Banyak pepohonan. Ada sungai nya juga didepan komplek. Sekitar 5 rumah dari rumah gw, ada mesjid. Jalan depan komplek sekarang lagi diaspal hitam.

Kualitas bangunan : Rumah ini kisahnya seperti ini , jadi si pemilik rumah ini sebut saja namanya Bu Bunga, membeli rumah di komplek ini dengan niat untuk dia tinggal permanen. Jadi sejak awal pembuatan rumah dia udah request pondasi dan bangunan terbaik. Beda sama tetangga-tetangga di sebelahnya. Itu bisa gw liat dari pondasi depan rumah tetangga kanan kiri udah pada rapuh dan melengkung tapi Rumah ini beda. Bentukan plafon depan rumah begitu kokoh ditambah dengan teralis besi. Teras depan sudah di renovasi dengan keramik.

Masuk kedalam, gw cek tinggi plafon dengan lantai. 4 meter. Itu artinya rumah ini sejuk. Gw cek kamar dan kualitas keramik (rumah ini sudah berusia 4 tahun tapi keramik ga ada yg retak atau miring) Bu Bunga ga pernah menyangka bahwa kemudia ternyata mertuanya beliin dia rumah di siantan (cash) sehingga rumah ini kemudian tak berpenghuni.

Dengan keadaan sudah full teralis. Ditambah bagian belakang, Wc dibuat terpisah dengan kamar mandi. Dengan pondasi bagus cakar ayam. Tinggal nanti gw melanjutkan pembangunannya.

Tetangga : Sebelumnya gw cek ibu-ibu disebelah rumah gw yang saat itu gw liat anaknya usia sekitar 7tahun sedang main air. Gw tanya gimana akses air ? lancar pake mesin dengan sumur bor dan filter penyaringan (gak heran. rumah ini dekat sungai soalnya) gw tanya ibu disini pernah banjir gak. dia jawab selama 4 tahun dia tinggal disini gak pernah sekalipun banjir. Gw cek tanahnya juga. Bukan gambut.

Overall rumah ini worth it. Tapi dia pasang harga tinggi juga. Wajar. Dulu ibu bunga DP nya aja 25 juta. Angsuran udah sekitar 42 juta. Dia udah renov tambah pondasi belakang keluar uang sekitar 30juta.

Dan penawaran dia ga masuk budget gw. Gw naksir. Kemudian gw sebutkan nominal tabungan gw (yang kalo dia setujui sebenarnya dia rugi) gw bilang uang gw adanya segitu buat over kredit. Dia gak mau. Rugi saya. Saya udah hampir keluar 100 juta buat rumah itu.

Yasudah. Gw tingalkan pesan kira-kira isinya begini

" Mba Bunga, saya adanya dana segini kalo memang mau berarti rumah ini jodoh saya."

waktu kemudian berlalu. Seminggu kemudian Ibu Bunga menghubungi gw dan mengiyakan. Gw kaget. Ternyata setelah gw telusuri Ibu Bunga habis kena musibah hutang harus ganti biaya pengobatan mertuanya yang sakit (dan baru meninggal). Dia juga ngeluh sekarang dia udah gak kerja lagi. Ini rumah udah gak begitu jadi prioritas dia buat diperjuangkan. Mana dia nyetor lagi tiap bulan kan. Sedangkan dia udah ga kerja. Dia juga kena tagihan kartu kredit yang lumayan banyak untuk pengobatan mertuanya. Dia udah pusing mikir tiap bulan kudu bayar angsuran rumah itu lagi.

Singkat cerita atas tawar menawar yang alot deal sesuai jumlah tabungan gw yang hanya seharga setengah harga dari penawaran ibu bunga. kita kemudian ke bank dan mengecek kebenaran surat dan keabsahan rumah ini. Bahwa memang benar rumah ini atas nama Ibu Bunga dan dia udah mengangsur sebanyak sekian kali tanpa menunggak dan rumah ini sudah diangsur selama 4 tahun dan hanya sisa 6 tahun lagi sebanyak 1juta perbulan kemudian LUNAS.

Entah bagaimana gw harus mengucapkan syukur. Ini jauuuuuh lebih baik daripada harus mengangsur 20 tahun. Dengan keadaan rumah yang sudah mantap sudah setengah renov dan tanah luas hampir 1 kavling.

Dengan lokasi adem dan asri ada sungai dekat dengan mesjid.

Dan betapa rejeki, jodoh, rumah dan hal hal kek gini itu udah Allah atur.

0 Comments:

Posting Komentar

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang