Memutuskan Ber-KB

Hidup itu menurut gw harus terencana. Jangan mau apa-apa tunggu takdir. Kebobolan Sudah takdir. Salah satu perencanaan yang menurut gw harus ada didalam hidup adalah tentang punya anak. 

Seperti yang udah kalian baca di postingan ini, bahwa gw yang aslinya santai kayak dipantai dan slonong boy ini akhirnya ngerasa repot banget sangat repot saat gw harus berurusan sama ANAK BAYI yang merupakan bayi gw sendiri yang lucu seduniakaherat itu.

Kasi makan. Mandi. Ngerengek. dan lain-lain. Gimana ketika lo punya bayi semua jadwal lo yang udah tersusun rapi bisa jadi berantakan sesuai dengan mood dan keadaan si bayik tersebut.

Punya anak merupakan keputusan besar dalam hidup dan pengorbanan tiada tara bagi manusia super egois milenial kayak gw.

Siapa yang mw nge judge gw ga becus urus anak? Yes, i am. Gw emang belum bener ngurus anak. Dan maka itu gw gak berhenti belajar. Dan gw tau diri gw belum becus nge handle SATU anak artinya gw belum siap buat punya anak lagi yang gw urus sendiri  ga pake mebel-embel nitipin anak ke ortu/mertua/keluarga ya --- at least dalam waktu dekat.

Gw mengukur tingkat ke bloon an gw dalam kepengurusan anak bayi dan tetek bengeknya dan gw menyimpulkan kemudian bahwa : Demi tingkat kewarasan ibu, tingkat kebahagiaan dan mendidik anak yang super happy dan bahagia, gw memutuskan untuk memberi jarak Narendra dan calon adiknya selama kurang lebih 5 tahun.

"Ah elu mah mana boleh gitu, anak itu rejeki. Rejeki ga boleh ditolak, jeung.." betul memang anak rejeki. Tapi gw gak nolak gw hanya memberi jarak untuk memastikan anak pertama gw ke handle dengan baik di tahun-tahun emas pertamanya.

Bahwa kapasitas kesabaran dan otak gw dalam perencanaan sepertinya sementara ini cukup untuk nge handle suami dan satu anak saja yang mulai aktif dan rusuh ini. Maka dari itu gw memutuskan memberi jarak.

Gw kemudian membicarakan hal ini dengan suami gw. Thank God dia merupakan suami yang demokratis dan pernikahan gw sama dia adalah pernikahan persahabatan jadi dy menyerahkan sepenuhnya keputusan di gw dan meridhoi semua keputusan gw ini.

Sebagai wanita gw punya rahim dan gw berhak menentukan nasib dan masa depan rahim gw ini. Pemberian jarak dan segala macemnya itu adalah tanggung jawab gw sendiri. maka dari itu gw pun mulai riset KB dan kontrasepsi yang pas. Yok mareh kita bahas satu-satu hasil riset gw.

KB "alami" : Gw bergabung di salah satu grup emak-emak per-nenen-an di Fb dan banyak emak2 yang dengan bangganya bercerita akan keberhasilan KB ini. Yang gw kamsud di KB alami ini adalah dengan menghitung masa subur dan "buang di luar".

"aku dong jeung jarak anak pertama ke dua 3 tahun ga pake KB , cuman Kb alami ajah yg penting kontrol diri kita dan suami jeung harus sama-sama pengertian dan ngalah saling mengingatkan.."

" Aku jeung bisa kasi jarak 2 tahun anak ke 1 dan ke 2 dengan KB kalender asal kita tau masa subur kita hindari Hb di masa subur.."

Dan seterusnya..

Dan dalam pikiran gw cmn satu : Soal kontrol. Menurut gw sex dan Hb dalam pernikahan itu kebutuhan mendasar yang bagi gw dan suami harus nya gausah diatur-atur. Harus gini harus gitu. Harus liat tanggal. Harus terjadwal. Nggg... kok kayaknya agak berat ya? ditambah lagi ya nih gw beberkan hasil riset bahwa KB alami yg digembar-gemborkan emak-emak yang sampe sekarang gw bingung alasannya kenapa takut kb, bingung mau kb apa, takut disuntik,  KB jenis ini sangat RAWAN kebobolan ya neik. Percaya deh sama gw.

Setelah gw riset dengan seksama daripada tingkat keberhasilannya KB jenis ini lebih banyak tingkat KEGAGALANNYA dan berakhir dengan kebobolan anak ke-2 ke-3 dst dimasa anak sebelumnya masih kecil, masih ASI dan butuh kasih sayang. Dan gw banyak baca postingan galau makmak di grup ASI dan MPASI itu sambil mamerin tespeck garis dua yang isinya :


" Bunda mhn pencerahannya ini positif apa negatif ya hasil tespek ku galau ni bun anak masih 13m aku udah isi lagi. Garisnya satunya terang satunya samar mohon pencerahannya bun..."


" Ga tau mau seneng atau sedih anak masih 7bulan dan masih ASI aku udah telat seminggu bun dan barusan tespek ternyata garis dua mohon sarannya gimana supaya tetap bisa menyusui selama hamil dong bun... "


" Bunda mohon semangatnya dong gatau musti ngomong apa kaget pagi2 tespek garis dua, anak masih kecil, ngasi tau mertua dan ortu mereka pada nyalahin kenapa gak KB anakku masih 11months bun dan masih ASI mohon tips gmn ngehandle 2 bocah dengan usia berdekatan..."


Nggg.... Jujur aja kalo gw ada di posisi itu gw juga gatau harus ngapain. Yang pasti gw akan bingung.



Gw kemudian membicarakan soal anak - jarak kelahiran anak-things ke laki gw. Dan untungnya laki gw menyerahkan semua keputusan jarak-menjarak ini ke gw. Karna, pada akhirnya kalopun gw dikasi rejeki hamil lagi saat anak gw masih kecil yang repot ngurusin, nyusuin, kasi makan itu adalah gw.

Dan mempertimbangkan bahwa anak gw masih kecil dan gw pasti nyusahin orang bwt bantuin ngerawatnya (jangan ngomong klo gw bisa minta bantuan emak dan mertua gw yg udah sepuh buat ngurusin bayi ya, gw NO) Kasian bgt ya bok ortu udah dari kecil ngerawat kita, ngerawat suami kita ehhh udah tua harusnya istirahat leyeh2 menikmati masa tua bersama cucu yang lucu harus ditambahin NGURUSIN segala urusan cucu dari makan. mandi. kasi susu. Ya allah..... ga kebayang deh.

Jadi, punya anak lagi sebelum anak gw yang pertama masuk TK , okethxbye !

Gw akhirnya memutuskan untuk ber-KB.

Untuk perjalanan gw mencoba beberapa jenis KB akan gw buat postingan selanjutnya. Sampai akhirnya gw ketemu JODOH kb yang bener - bener enak di gw dan gw cocok banget hemat pulak. See the next postingan yah. ciao.

0 Comments:

Posting Komentar

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang