Ini Rasanya!! Menyaksikan secara LIVE mahasiswa yg sidang TA


Hari ini adalah hari yang bersejarah dalam hidup saya. Kenapa? karna saya (akhirnya), menyaksikan dengan matakepala sendiri prosesi Sidang TA anak kuliahan (kakak kelas saya)
secara live, yang menentukan apakah mereka akan jadi SARJANA atau GAK.

Baik. Sebelum kita terbang menyaksikan mereka sidang TA, saya kenalin dulu 2 orang kakak senior saya yang (dengan nekatnya) presentasi, sidang, menjawab pertanyaan dan menyusun TA mereka dalam english. FULL dalam bahasa inggris.

1. Surya Nuriansyah (foto sebelah kiri)
2. Steven Lennon (foto sebelah kanan)




Mau ikut prosesi pemakaman #eh sidang TA senior saya yang pinter dan unyu2 ini? check this out! Bang Surya dulu deh ya.

14 Juli 2011
1. Surya Nuriansyah

Saya ucluk-ucluk sama Ria dan Along Rangga berencana menonton seminar TA dan sidang Bang Surya Nuriansyah. Kakak kelas saya. Ria dan Along udah duluan di lab perkantoran. Sedangkan saya nyangkut di toilet (biasa pipis bo')

Pas saya sampe di lab perkantoran, suasana sidang udah mulai. Wow. Bang surya awalnya tampak gugup. Sampe sama pengujinya dikasi tisu.

"Surya, do u need some tissues maybe? Your exhausted.. "
"yes, ma'am. Please"

Bang Surya mengangkat tema tentang United Tractors tempat dia magang dan sistem pelayanan pelanggan mereka. Bener2 keringatan itu abang kelas saya. Jidadnya keliatan jelas kalo dia gugup
(kenapa sih TA sebegini bikin gugup?)

Kurang lebih 2 jam setengah bang Surya diserang dan dicecar pertanyaan dari dosen2 penguji. Hal yang perlu diingat adalah, mulai dari presentasi, hingga menjawab pertanyaan, dilakukan Bang Surya full dalam bahasa inggris.

Daaaan..... Akhirnya.. dia dinyatakan lulus. Nelfonin mama nya. Minta ampun kalo ada salah.. trus ngucapin terima kasih dengan doa dan ridho orang tuanya. Saya aja ikutan mau nangis rasanya.





2. Steven Lennon

13 juli 2011 (rabu)

Pukul 14.00 : 2 siang Saya dan teman-teman keluar dari lab seminar. Saya, Ria dan Kak ega yang paling terakhir keluar karna kita mau memastikan lampu dan AC udah dimati'in. Pas udah mau nutup pintu, Bang Lenon dateng. Ternyata mau make Ruangan Seminar ini buat dia sidang TA.
Tu orang udh rapih, wangi dan (udah mandi) pastinya. Setelah kenalan dan memastikan bahwa saya, Ria dan Kak ega yang mau nyaksikan dia seminar, Bang Lenon lalu mengambil alih ruang seminar.

Kira-kira beginilah penampakan bang Lenon sebelum TA (tanpa jas biru nya). Foto bersumber dari FB beliau.



14.30 : Bang Lennon menyiapkan ruangan, laptop, bahan TA, Layout kursi buat Dosen Penguji dan pembimbing.
Kesempatan ini saya, Kak Ega dan Ria gunakan buat capcuss kantin dulu. Beli aer Mineral dan gorengan buat cemilan. (masih gatau diri saya)
175

14.45 : Semua dosen penguji berkumpul. Bang lennon memulai presentasi englishnya. Mengangkat tema tentang perusahaan BumiPutera cabang pontianak. Gugup? iya. Nerves ? jelas. Bedebar? so Pasti. (keliatan dari mukanyasengihnampakgigi)

15.00 : Sesi paling mendebarkan dan bikin puyeng mahasiswa yang TA. Yaitu sesi PENGUJIAN. Jadi disini,readers. Calon sarjana ini akan dicecar pertanyaan bertubu-tubi tentang TA yang mereka angkat. Pertanyaan tentu jelas dlm bahasa inggris. Dan Bang lenon pun harus menjawab juga dengan bahasa inggris.
199
Yang aneh bin ajaib adalah saya sedikitpun gak ngerasa ngantuk. Kenapose ya? biasanya saya akan mendayu-dayu tertidur kalo seminar kaya beginian. Mungkin bawaan suasana tegang, mengingat ini adalah hari yang penting bagi mahasiswa yang mau lulus.


Kurang lebih selama satu jam berkutat dan diserang dosen penguji, Bang lenon terlihat tetap berusaha santai menjelaskan poin-poin yang akan dia jawab.

Abang kelas saya satu ini adalah abang kelas yang paling santai mameeen pas TA. Saya yang nonton aja deg-degan. Tapi dia selembe wae. ckckckck

Kurang lebih 2 jam dicecar pertanyaan, gak smua bisa bang lenon jawab. Saya aja yang nonton pusing. entah bagaimana rasanya berdiri didepan situ.

Eh taunya, pas sesi pengumuman apakah dia lulus atau enggak...

" Steven, TA kamu jelek banget. Saya gak yakin bisa meluluskan kamu..."
Kata dosen penguji 2.

"................." (----- Bang enon ga bisa ngmg apa2.

"Sana telfon orang tua kamu sekarang juga. Saya mau ngomong soal TA ulang karna kayaknya kamu gak lulus sekarang. Jadi kamu harus ngulang for the next 3 months"

Tambah dosen penguji 1 dengan gaya horornya.

Dengan terdiam seribu basa.. bang lennon menelfon mamanya..
"ma.. dosen enon mau ngomong sama mama.."

Jeng. Jeng.
Pas hape udah ditangan tu dosen..

" Ibu tau gak kalo anaknya hari ini TA, dia bikin TA full dalam english loh bu.. Nah, hari ini tanggal 13 juli 2011, saya ingin mengabarkan sama ibu, kalau Steven Lennon.. Lulus dengan Nilai A.. "

Saya membayangkan.. kalo yang ditelfon itu adalah mama saya, atau papa saya.. mereka pasti bangga. Momen seperti ini, sangat mengharukan. Saya yakin Bang enon (panggilan dirumah katanya) pun tersenyum bahagia dalam hati.






Selamat yah , seniors. Salut atas keberanian kalian ngangkat TA dan segala perniknya dalam bahasa inggris. Selamat atas nilai SEMPURNA nya buat kelulusan kalian. Saya ingin seperti kalian.
Doakan saya.
Kisah kalian akan menjadi motivasi saya, dan insha allah, semua yang membaca blog ini. Bahwa gak ada yang gak mungkin buat orang yang mau berusaha.
Selamat sukses yah, abang-abangku. Selamat bertemu dan SUKSES di masa depan. AMin.

26 Comments:

  1. Hemmm United Tractor nama yg gak asing buat saya ^^ salah satu anak cabang astra internasional yg bergerak di bidang penyewaan alat berat hehehee..

    lebih angker lagi kalo TA di luar negeri wakakaka
    bikin naik turun dek-dek ser mau triak juga triak sama sapa yak ^^

    btw selamat udah lulus dengan grade A , kalo ada minat di United Tractor pastinya jadi pingin ktemu sama yg dah lulus tuh wahahahaha

    BalasHapus
  2. realy?
    Disini ada anak perusahannya mas. Bah, ditempat itulah kka kelas saya ini magang. Tema yang diangkat adalah tentang "meningkatkan Kemudahan konsumen dalam menyewa alat berat" karna dilihatnya, sistem yang ada di UT belum efisien. Jadi yah, dia memberikan sedikit solusi dan pola pikirlah utk hal tsb. Itu lah yg jd tema TA nya mas :)
    :h:

    BalasHapus
  3. sang motivator....bagus.

    salam kenal, tukeran link yok..

    BalasHapus
  4. saya gatau caranya tukeran link.. hihihi gimana itu akang :i:

    BalasHapus
  5. waduh.. jadi dag dig dug juga nih.. :D - akhirnya lulus juga ya.. congrat buat Surya dan Steve ^^

    BalasHapus
  6. Wah trnyt mengerikan ya?
    Untung ga pernah jd mahasiswa hihihiWah trnyt mengerikan ya?
    Untung ga pernah jd mahasiswa hihihi

    BalasHapus
  7. @chilfia : iya sis saya aja yang nnton degdegan. tapi Steve santai mameeeen jd org. hahah :i:
    gmna gak deg2an bis mereka TA ny ambil bhs inggris smua..

    @tarry : mbak mah enak udh kerja, saya juga mau kalo gak kul tp lgsg kerja gitu..
    sukses juga yah mbak.. buat mbak :d:

    BalasHapus
  8. meski saya enggak pernah kuliah, saya bisa merasakan betapa groginya saat sidang TA.. mungkin seperti prosesi mau akad nikah ya deg deg-gannya

    jadi pingin cepat nikah nih saya, biar bisa merasakan pengalaman deg-degan kayak sidang TA :f:

    BalasHapus
  9. hahahahahah
    kok jadi ngomong nikah toh mas..,
    hemm.. saya belum dua2nya. belum TA dan belum juga nikah. bagaimana kalo kita saling berdoa? biar cepet nikah.
    jama'aah.. o jama'aaah... alhamdu..lilah :h:

    BalasHapus
  10. doh harus buru2 ne. TA udah setaun g kelar2...

    BalasHapus
  11. semangat kak hani ku :i:
    kalo kita yakin bise, pasti bise kak.. ayo kejar deadlinenya :h:

    BalasHapus
  12. Eh gila yak itu yang lennon bikin kaget aja hahahahaha dosen2nya juga ada aja idenya hahahaha.
    Emang mereka jurusan apa s? B.inggris? Kok pake b.inggris segala?

    BalasHapus
  13. Jurusan administrasi bisnis , git. Ntar kita kalo lulus kerjanya di BANK n swasta gtu :)
    beberapa senior saya yang magang malah udh diminta kerja ditempat mereka magang. Udah di lamar lah istilahnya.

    sebenernya ga harus pk b.ing TA nya. tp yang berani pake, bisa dapet nilai plus pas pengumuman nnti. Tentu aja liat2 juga orgnya,git. kalo bhs inggrisnya separo2 mah gabisa juga. :m:

    BalasHapus
  14. Huaaa.. Gue jadi tegang nih ntar kalo TA gimana, huaaa...

    BalasHapus
  15. Kak, layout aku kenapa emang? Jelek kah?

    BalasHapus
  16. kalau di tempatku sih gak bakalan ada situasi kayak punyanya bang enon tuh.. mustahil.. heheheh.. :P

    BalasHapus
  17. Lumayan kan buat Euis latihan mempersiapkan mental bja untuk segala kemungkinan terburuk waktu TA.. :D
    Pas saya TA, saya sampe minta ijin ke Penguji, karena mendadak mules. Tapi gak dikasih. Alhasil, keringat dingin yang keluar jadi dobel. Menahan stres rentetan pertanyaan penguji yang gak pake hati nanyanya, dan menahan bawahan supaya gak keluar..hikhikhik :(

    BalasHapus
  18. Lumayan kan buat Euis latihan mempersiapkan mental bja untuk segala kemungkinan terburuk waktu TA.. :D
    Pas saya TA, saya sampe minta ijin ke Penguji, karena mendadak mules. Tapi gak dikasih. Alhasil, keringat dingin yang keluar jadi dobel. Menahan stres rentetan pertanyaan penguji yang gak pake hati nanyanya, dan menahan bawahan supaya gak keluar..hikhikhik :(

    PS: ARtikel saya baru saya tetaskan, mangga kalo mo di'baca ulang'.. Hehe tengkyu sateuacanna :D

    BalasHapus
  19. ahh hajar aja..semua pasti akan ada hikmahnya..
    mungkin cercaan dan pembantaian dosen untuk menguji memng bgitu adanya...

    sbntr lagi kyaknya seperti itu dah..

    BalasHapus
  20. hehehe..jadi ingat kejadian beberapa tahun yang lalu... ^_^

    BalasHapus
  21. @feby : wkwkwkwk kamu mah masih lama kali feb.. noh komik gejenya diurusin saya suka banget tu bacanya lol :f:

    @inggit: inggit, blognya bagus. cuma mbak agak susah baca tuliasn inggit mungkin karna tata layout postingannya kegedean. dicek gih.. :l:

    @Adryan : hahaha. disni gak mustahil,ad. semua bisa terjadi karna dosennya HOBI ngerjain mahasiswa dan bikin sensasi horor. Enon juga udh pinter english nya mknya dia brni take in ennglish :k: saya iri.

    @dokter : sama-sama dok. :d: ntar deh ya saya maen2 ke blog dokter. Iya. doain yah dok, saya juga pengen kayak abang2 ini soalnya :m: tapi saya kadang ga pede sama diri sendiri. jadi bisanya skg sih cm mmpi.

    @ubae : iya. nih. taun depan giliran saya,sob. doain ya. mudah2n bisa kayak mereka juga. :j:

    BalasHapus
  22. @fairsya : kenapa sista? cerita dooong :h:

    BalasHapus
  23. ndak paham sama yang beginian hehe :f: :a:

    BalasHapus
  24. widihh .. salut buat kakak2 kelas nya sist .. bacanya aja udah deg-degan ,,gimana kalo' ngeliat langsung terus ngerasain langsung juga .. bisa sejagung2 keringatnya .. :i:

    BalasHapus
  25. @budi : banget. yg nnton aja dagsigdug :k:

    @daka: nahloh :h: ga pahamnya mah skg ntar ngadepin loh yg kaya begini dek klo udh mao tamat kulnya.. :)

    @Mira : itu yg surya udh keringetan banget sis. bukan gara2 panas (plis deh ruangan full ac) tp karna gugup :m:

    BalasHapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang